Jumat, 12 Februari 2016

Haii

Sebuah kebiasaan baru bagi aku untuk membuat judul postingan blog dengan kata 'Hai'. Soalnya gatau mau ngasih judul apaan, hahaha. Garing banget.
Udah lama ga mampir ke dasbor blog, Saking lamanya udah seperti rumah tua usang yang tak berpenghuni. Sama kayak suasana hati pemilik dasbornya. Ehm. Tapi ga juga sih. Ehm. Hai, kamu!

Ngeliat buku tamu, juga sama aja, nggak kayak dulu. Dulu mah penuh banget ama orang orang yang sekedar singgah sambil menuliskan 'Hai, walking back, ya!', atau 'Hai, salam kenal', atau 'Hai, salam kenal, ya! Tukeran link, yuk!' atau 'Hai, blogwalking ya. Btw utang lo yang dua tahun lalu kok belum lo bayar, sih?'
Oke yang terakhir itu jangan sampe terjadi. Nagih utang jangan di tempat umum dong pls :')
Dan aku (lumayan) terharu ketika ngeliat buku tamu, ternyata masih ada yang inget ama blogku. Ratri. Dan dia bilang 'kak zettt postigannya kemana:")'
Terharu ga tuh.
Dia nanyain postingan aku pada kemana, berarti dia mau baca isi blogku, kan? Iya, kan, Rat? Iya ajalah :"")
Soalnya kayaknya blogku sepertinya ga ada pembacanya... Hiks.
Makasih, Ratri Sekar Wening :))

Entah apa yang membuatku memutuskan untuk men-ceklis semua postingan yang udah aku terbitkan dan memasukkannya begitu saja kedalam folder draft. Tentu saja itu ada sebabnya. Kadang aku juga sering senyum senyum sendiri ketika ngeliat postinganku yang udah lamaaaaa banget. Isinya entah apa, hanya sekedar curhatan yang ga jelas apa intinya. Hahaha.

Aku jadi ingat, pertama kali kenal yang namanya 'Blog' itu dari temenku. Waktu es de, sih. Dan aku mah 'iya-iya-in' aja padahal ga ngerti bener deh 'Blog' itu apa dan fungsinya apa hahaha. Waktu zaman es de dulu mah, abis pulang sekolah, aku bareng temen temen es de, kalau sempet, mampir dulu ke warnet deket rumah. Buat main game -_- Yap, waktu itu aku cuma tahu situs 'Games.co.id' doang, main sampe satu jam. Kalau ngga main game masak masak, ya main bedah bedah kaki orang. Dulu aku pengen jadi dokter. Yang gregetnya itu kalau udah deket deket waktunya mau habis, sementara kami masih pengen main game, kami langsung ngacir ke tempat abang abang operatornya dan bilang 'Bang! Tambah sejam lagi, bang! Ya ampun, Bang, cepetan, itu waktunya udah tinggal dua menit, dan itu game nya dikit lagi mau selesai!'. Dasar anak bandel. Game mau selesai kok malah bilang nambah satu jam.
Kalau ngga salah, waktu itu 3000 rupiah sih satu jam itu masih pas zaman es de sekitar tahun 2009 kebawah gitu lah ya. Terakhir aku kewarnet deket sekolah bareng temenku  buat nyari tugas, tahun 2016 ini juga, udah naik jadi 4000 sejam. Temenku bilang, 'Kayaknya bentar lagi warnet ini bakal bangkrut, deh.' Bukan bermaksud mendoakan, tapi emang 'tanda tanda' nya udah terlihat xD
Dan terakhir saat aku dan temenku itu pulang dari kampus dan ngelewatin warnet itu, aku ngeliat tulisan 'Dikontrakan', tepat di depan pintu warnet itu. Temenku bener.

Dulu, sebelum kenal ama Facebook, Twitter, Blog, dan lain lain, aku punya kebiasaan unik dan super ga penting. Yaitu, ngumpulin setiap alamat web yang aku temuin. Baik dari televisi, maupun dari majalah majalah. Misalnya nih ya, ada iklan shampo, terus pas di akhir iklan, aku catet tuh alamat web nya di sebuah kertas, pakai spidol air. Ga penting banget yah-__- Dan alamat alamat web tersebut bakal aku buka kalau ada kesempatan ke warnet, mana tahu di situs situs tersebut aku bisa nemuin game game lain. Dasar masih polos. Mana ada game di situs iklan shampo-_______- Waktu itu Alhamdulillah baru punya komputer pentium empat dan belum kenal apa itu modem. Jadi kalau mau buka internet mesti kewarnet dulu. Sampe sekarang pun aku masih senyum senyum ga jelas kalau ngingat kalau dulu aku suka ngelakuin itu, entah untuk apa -__- Tapi yang jelas sih sepertinya aku pengen tahu situs situs buat main game lain selain situs games.co.id tadi, hahaha.

Dulu, waktu Facebook masih sangat sangat terkenal (walaupun sekarang masih ya), waktu itu aku masih esempe. Masih kelas satu esempe nih ceritanya. Temen temen ku rata rata udah pada punya Facebook semua, dan saat mereka pada ngomongin tentang Facebook, ya aku cuma bisa bengong bengong bego gatau mereka ngomong apaan. Sampe akhirnya aku minta buatin akun Facebook ke salah satu temenku. Waktu itu kan masih zaman zaman alay gitu kan, jadinya nih aku minta buatin Facebook ke temenku, dan dia ngasih nama akun Facebook aku itu 'Ulfa Zulia Pku Jr', Iya! Aku masih ingat dengan nama akunku itu. Waktu itu emang lagi ngehits gitu pake nama akun ber ember embelkan 'Pku Jr'. Waktu itu aku masih minta dibuatin akun aja, dan aku belum pernah login. Pas pertama kali login, dan waktu itu loginnya di warnet. Aku terkesima gitu ngeliat tampilan Facebook yang menurut aku keren banget. Walaupun sebenarnya sampe sekarang aku bingung kerennya dimana. Terus aku bilang 'Ih, keren ya Facebook ni, ada foto temen kita! Eh eh! Kok dia bisa update status sih? Gimana caranya? Eh kok di akun si anu kok bisa pakai foto dia sendiri, sih? Eh kok ada ada bacaan 'Blablabla mencolek anda', sih? Kok dia nyolek nyolek? Cara blokirnya gimana nih?"
Dasar wong katrok.
Sejak itu lah aku ketagihan buka fesbuk cuma buat sekedar ngeliat update an temen temen. Sampe ada saat waktu itu aku bosen buka fesbuk dan beralih ke twitter. Iya, twitter! Waktu itu masih zaman zaman alay, yang tiap semenit update. Ya, karena twitter kan beda ama fesbuk. Saking lebay nya, aku balap balapan sama temenku buat dapetin followers sampe seribu orang, dan akhirnya, aku yang menang! Hahaha. Dasar anak kurang kerjaan.
Ya, waktu itu aku emang ga ada kerjaan.

Dulu, karena aku ngga tahu gimana caranya bikin blog, akhirnya aku browsing kesana kemari tentang 'Bagaimana cara membuat blog'. Waktu itu aku browsingnya udah pakai laptop, dong. Hehe. Plus udah pakai modem juga. Jadi ngga perlu kewarnet lagi dan ngga perlu khawatir kalau mau buka internet mesti ngeluarin duit tiga ribu. Kan lumayan tigaribu nya bisa di tabung buat beli majalah Bobo. Yap, waktu itu aku masih langganan majalah Bobo, beli tiap hari kamis. Kadang nitip sama papa buat dibeliin. Waktu itu harganya masih dibawah sepuluh ribuan gitu.

Jadi, ceritanya kan aku lagi browsing browsing gimana caranya bikin blog. Aku ikutin aja tutorialnya gimana, dan jadilah blogku yang sekarang yang-kini-sudah-sepi karena tidak ada postingannya lagi.... Hiks.
Waktu itu, aku masih ngisi blogku dengan hal hal aneh dan ntah apa apa. Jadi karena bosan, aku tinggalin deh blogku untuk sementara waktu. Sampai pada akhirnya, ternyata ada seorang temenku yang suka ber-blogging-ria. Dan saat itu pula keinginan buat ngeblog kembali muncul. Pertama, dia ngasih ke aku url blognya, terus aku kunjungi blognya. Bagus banget desainnya! Terus, pengunjungnya banyak pula. Berbeda sekali blogku dan masih memakai template bawaan blogger, background seadanya, dan pageviews yang masih kurang dari sepuluh orang. Sejak itu pula aku jadi rajin browsing buat mengetahui gimana caranya mempercantik dan memperbagus tampilan blog. Karena saking semangatnya, waktu itu aku pakai banyak banget widget, bukannya malah bagus, blogku jadi keliatan kayak situs jualan mainan anak. Terlalu banyak hiasannya-________-
Kalau sempat, tiap hari aku selalu blogwalking, berkunjung ke blog blog orang sembari meninggalkan jejak di buku tamu mereka, banyak yang ngerespon balik dengan cara berkunjung kembali ke blogku dan juga meninggalkan jejak di buku tamu ku. Rasanya, blogku seperti hidup kembali. Eaak. Ini terjadi sekitaran tahun 2010 sampai 2012, mungkin. Semenjak udah masuk SMA, rasanya ga sempat aja gitu buat ngecek blog lagi, sepertinya udah tergantikan ama kesibukan bikin tugas. Hehehe.
Karena keseringan ngeblog, aku jadi mengetahui beberapa blogger blogger terkenal, seperti kak Bena, yang dulunya akrab disapa 'Bena Kribo', karena rambutnya yang kribo itu, tapi sekarang sepertinya kak Bena udah ngecukur rambutnya sehingga ngga keliatan kribo lagi, malah sekarang kak Bena nya udah tunangan malah. Waktu berlalu secepat itu, yah.
Dan selain kak Bena, ada juga blognya Evita Nuh, seorang fashion blogger yang umurnya kalau ngga salah setahun di bawahku dan udah terkenal sampe keluar negeri. Terus juga ada kak Irvina Lioni Yuniasari, pendiri Kancut Keblenger yang kalau ngomong suka frontal banget, hehe tapi seru pas baca baca postingannya mpok pina itu. Lalu juga ada kak Alit Susanto yang katanya 'sang mahasiswa abadi'. Lalu ada juga kak Yulian Eka Aditya yang jagooooooo banget ngegambar, ya ampun, gambarnya keren keren. Gakuku. Tentunya dari beberapa kaka kaka blogger diatas, masih banyak blogger blogger lain yang juga keren keren.
Sampai pada akhirnya aku di pertemukan dengan para blogger yang sebaya denganku, hahaha. Walaupun nggak sebaya juga sih, ada yang umurnya dibawah aku, ada yang diatas aku, ada juga yang sebaya. Link link blog mereka bisa kalian lihat di bagian sebelah kanan blog ini. Blog mereka bagus bagus! Keren keren desainnya! Dan mereka jago ngotak atik template blog, mereka jago jago bikin html untuk ngebuat suatu penemuan desain terbaru. Salah satunya adalah Kak Lettha, dia adalah salah satu pembuat tutorial tentang mendisain blog yang aku suka. Bahkan dia juga membuat tutorial dengan membuat kode kode html yang dia rancang sendiri. Keren pake banget. Selain bikin tutorial, dia juga bikin freebies freebies unyu gitu. Tentunya kalau mau pakai, kasih credit ke dia, ya! Hahaha, bikinnya kan gaa mudah. Karena dia jugalah, aku mengetahui kalau ada template untuk blog yang bisa kita ambil di blogskins.com. Template dari blogskins lebih bagus menurutku karena tampilannya sederhana tapi baguuuus, loading blog juga jadi gaa lama. Terus, juga lebih mudah diedit lagi, tapi tetap ngecantumin pemilik aslinya yaaa. Oh iya, template template di blogskins sendiri merupakan template yang code html nya udah di otak atik sedemikian rupa sehingga menghasilkan template yang unyu banget. Dan tentu aja bikinnya pasti sulit banget. Salut ama mereka mereka yang jago banget ngedit html. Selain kak Lettha, aku juga mengenal beberapa blogger unyu juga, yaitu Ratri, Mahar (Maapkan aku, Mahar. Aku lupa url blog kamu :""") ) , Nada, Amenay, Kak Aul dan blogger blogger lainnya dan sangat warbyasah dan keceh badhai. Walaupun aku ngga pernah ketemu langsung ama mereka, tapi kayaknya seperti ada semacam kontak batin (?) yang mengatakan bahwa mereka adalah para blogger yang memiliki pribadi yang asyik, ramah, menyenangkan dan warbysah. Sayang, rata rata mereka tinggal di pulau jawa nun jauh disana, Jadi sangat sulit untuk bertemu. 

Jadi kangen.

Tidak ada komentar: