Minggu, 13 Mei 2018

PENGALAMAN BELI BUKU DI GROBMART.COM

Ini bukan pertamakalinya aku beli buku secara online, sebelumnya aku udah pernah beli buku lewat aplikasi Bukalapak, sebenarnya waktu itu cuma iseng-iseng ajasih nyari nyari buku, tapi tiba-tiba jadinya aku pengen beli buku yang murah gitu, tapi bukan yang bajakan yaa. Maksudnya, rata-rata kan kalau ada buku yang dicetak ulang dengan cover baru, biasanya harga buku yang versi cover lama nya bisa jadi lebih murah. Yaudah deh, aku nemu sebuah buku incaranku dengan harga yang cukup murah.

Mengenai tentang grobmart.com, aku mengetahui situs ini sejak aku suka ngefollow akun akun bookstagram gitu, mereka suka ngeshare hal-hal tentang buku, termasuk akun-akun instagram yang menjual buku-buku, dan akhirnya aku jumpa deh sama akun ig nya grobmart (@grobmart) beserta website nya (grobmart.com).

Tampilan Ig nya Grobmart


Tampilan Website nya Grobmart

Aku pernah hampir membeli buku di website ini, waktu itu sedang Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), dan grobmart.com mengadakan promo diskon 50% untuk semua buku dan gratis ongkir tanpa minimum pembelian. Siapa yang nggak tertarik cobaa. Apalagi aku sedang semangat-semangatnya mencari buku-buku wishlistku dengan harga murah hahaha. Akhirnya aku langsung nyari-nyari buku yang aku inginkan, masukin ke keranjang belanja, dan langsung mengikuti step-step yang ada hingga ke step pembayaran. Nah, aku tinggal bayar ajanih, aku milihnya via transfer, karena kalau ke kotaku nggak bisa COD. Waktu itu sistem COD hanya baru berlaku di pulau jawa saja. Kemudian aku langsung ngecek saldo atm ku lewat M-Banking, dan alangkah terkejutnya aku ketika mendapati bahwa saldoku tidak cukup buat transfer. Perasaan, beberapa menit yang lalu masih semangat-semangatnya pengen beli buku, dengan pede nya ngerasa bahwa saldo di atm masih cukup buat beli buku. Eh pas di cek, ternyata ga cukup:)) 

Gapapa.

Gapapa.

Gapapa.

Mungkin lain kali.

Akhirnya aku gajadi deh beli buku di grobmart.com, selamat tinggal diskon 50% dan gratis ongkir:")

Ceritanya belum selesai nih, masih ada lanjutannya. Beberapa minggu kemudian, sebuah akun instagram ber-ussername-kan @BookishJournal mengadakan giveaway sebagai event pembukaan website mereka yang beralamatkan di bookishjournal.com. Hadiahnya berupa voucher belanja di website grobmart untuk 2 orang senilai 100.000 dan 75.000. Ternyata bookishjournal ini juga bagian atau juga bekerjasama dengan grobmart.com, makanya hadiahnya berupa voucher untuk beli buku di web nya grobmart. Aku jadi pengen ikutan dong yaa, akhirnya aku ikutan dengan mengikuti semua persyaratan yang ada. Pengennya sih menang, tapi kalau nggak menang ya nggak apa apa, berarti bukan rejeki kan yaa.

Beberapa hari setelah event giveawaynya tutup, mereka langsung ngumumin pemenangnya lewat instastory, dan........ Ternyata aku menang yeay! Aku inget banget, waktu itu aku nerima notifikasi bahwa aku menang, tapi aku nggak bisa buka instagram karena lagi di area kampus dan susah sinyal. Akhirnya aku minjem henpon temenku yang pakai kartu sim yang sinyalnya lumayan, buat buka instagram, dan ternyata aku emang menang giveawaynya bookishjournal dan dapetin voucher yang 75.000. Mungkin bagi sebagian orang, apalah arti voucher 75.000, tapi bagi aku yang lagi bokek ini, itu merupakan rejekiii banget. Lumayan bisa beli 1 novel. Terimakasih bookishjournal udah milih aku sebagai pemenang:")

Aku langsung mikir-mikir dong, voucher ini mau dibelikan buku apa. Aku langsung buka website grobmart dan langsung nyari-nyari buku. Oiya, inget kan kalau saldo atm ku lagi kritis-kritisnya, cuma ada beberapa ribu. Akhirnya aku harus memutuskan bahwa dengan voucher 75.000 itu, aku harus bisa beli buku, tapi harus bisa sekalian buat bayar ongkir HAHAHA:( Akhirnya pilihanku jatuh kepada sebuah buku yang judulnya Nemesis serta sebuah buku lainnya yang udah jadi wishlist sejak lama yaitu 'The Boy Sherlock Holmes - Vanishing Girl', yang The Boy Sherlock Holmes - Vanishing Girl itu adalah buku ke-3 nya dari seri 'The Boy Sherlock Holmes', aku dapet buku yang ke-1 dan 2 nya dari event cuci gudangnya gramedia, waktu itu buku ke-3 nya juga ada di event itu, tapi aku mikirnya 'Yang 3 nanti ajalah belinya pas ada event cuci gudang lagi'. Tapi setelah aku cari-cari lagi di setiap event cuci gudangnya gramedia, novelnya udah ga ada lagi. Dan pada saat menemukan buku ini di situs grobmart, aku pastinya seneng banget dong yaa, dan langsung masukin ke keranjang belanja. Ternyata setelah di total beserta ongkir, totalnya adalah 75.400, lebih 400 rupiah masih bisa aku talangin. Akhirnya aku transfer cuma 400 rupiah saja.

Karena kedua buku yang aku beli itu statusnya adalah 'Gudang Penerbit', aku mendapat email bahwa buku berstatus Gudang Penerbit akan diproses dalam 5 - 7 hari kerja (Sabtu, Minggu, dan tanggal merah tidak dihitung). Oke gapapa lah ya, cuma seminggu kok.

Setelah seminggu kemudian, aku mendapat email lagi yang berisikan bahwa status orderanku menjadi 'Refund' dikarenakan setelah di cek ke gudang penerbit buku yang di pesan tidak tersedia. Hiks, agak sedih sih, karena novel The Boy Sherlock Holmes incaranku sudah tidak ada digudang penerbitnya lagi. Mungkin sudah tidak di cetak ulang. Grobmart.com menawarkan refund dalam bentuk kupon atau melalui transfer bank, dan aku memilih refund dalam bentuk kupon, waktu itu aku jadi suka nanya nanya ke cs nya mengenai refund ini, mengenai kapan bisa direfund, dan aku suka banget sama cs nya karena selalu super sabar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaanku hehehe. Proses refundnya ternyata enggak lama, kira kira satu atau dua hari kemudian, aku kembali mendapat email berisi kode kupon senilai 75.400 yang bisa aku gunakan lagi untuk berbelanja di grobmart.com.

Mungkin aku harus mencari buku lain yak. Kalau bisa yang statusnya 'Stok Tersedia' biar gak capek nunggu seminggu wkwk. Setelah proses refund itu, aku belum menggunakan kupon itu lagi hingga kira-kira dua bulan kemudian. Aku baru semangat buat menggunakan kupon itu lagi saat aku menerima email dari grobmart yang memberitahukan bahwa mereka sedang mengadakan diskon 30% untuk semua buku-buku di website mereka! Diskon 30% agak lumayanlah yaa, akhirnya aku kembali membuka website grobmart untuk mencari-cari novel yang harganya itu kalau bisa tidak melebihi 72.000 HAHAHA. Kenapa 72.000? Karena grobmart menyediakan subsidi ongkir untuk kota-kota tertentu di Indonesia, dan kotaku termasuk yang mendapat subsidi ongkir, sehingga aku cuma bayar 3000 ajadeh buat ongkirnya dengan estimasi barang sampai yaitu 3-5 hari. Jujur, aku seneng banget dengan adanya pilihan ongkir 3000 ini, karena meringankan banget bagi aku. Mengenai estimasi hari barangnya sampai, aku sih gak masalah, yang penting buku nya sampai.

Sebelumnya, aku udah berencana buat beli 'The Cuckoo's Calling', tapi setelah baca-baca review di goodreads, aku jadi urung buat beli novel itu. Ada saat-saat aku menjadi sakit kepala untuk memutuskan novel apa yang mau aku beli. Soalnya, novel yang aku inginkan itu banyak sekali, dan yang bisa aku beli saat itu paling-paling hanya satu buah saja.

Akhirnya, setelah bolak-balik google-goodreads, aku akhirnya membeli buku The Martian. Buku tentang luar angkasa.

Hmm, btw, besok besok kalau aku beli buku, akau gamau lagi baca baca pendapat orang-orang di goodreads, misalnya mereka ngasih pendapat negatif atau kurang suka terhadap suatu buku, tapi itukan pendapat mereka. Aku, yang belum membaca buku tesebut, kali aja berpendapat lain. Yakaaaaan.

Kebetulan buku The Martian ini statusnya adalah 'Stok Tersedia', dan aku gaperlu nunggu seminggu deh. Akhirnya aku pesan novelnya, dan total harga buku plus ongkir yang harus aku bayar adalah kurang dari 75.000. Beberapa hari kemudian, aku mendapatkan email bahwa paketku akan diantar dengan menggunakan ekspedisi 'Ninja Ekspress'. Aku nggak tahu kalau di kota ku ada nama ekspedisi itu, langsung aja aku langsung cek di google dan ternyata memang ada. Tapi, aku ngerasa agak deg-deg an juga sih, soalnya selama ini gapernah pakai ekspedisi ini (btw, kalau pakai ongkir yang 3000, kita gabisa milih pake ekspedisi apa, orang grobmart nya lah yang menentukan paket kita akan dikirim dengan menggunakan ekspedisi apa). Tapi, aku agak sedikit tenang karena pihak grobmart juga memberikan no resi supaya kita mudah melacaknya. Btw, sistem pelacakan di web nya Ninja Ekspress ini agak terlihat kurang detail menurutku, ini penampakannya:


Gitu doang tampilannya. Mungkin sesuai dengan namanya 'Ninja Ekspress' kali ya, soalnya kalau ninja kan saat bergerak atau berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, cepat gitu, saking cepatnya jadi gak keliatan wkwk. Oiya, sebelum paketku diantar kerumah, aku ada dapet semacam pesan WA gitu yang mengatakan bahwa paketku bakal diantar:

Udah agak deg-deg an lagi, soalnya takut kurirnya ga nemu rumahku wkwk. Soalnya, rumahku letaknya agak di dalam gang gang gitu. Waktu itu pernah ada kurir dari ekspedisi lain yang gak nemu rumahku, dan kurirnya nelfon ke nomerku saat aku lagi kuliah, alhasil ga kejawab kan, akhirnya keesokan harinya kurirnya nyuruh jemput aja paketnya di kantor mereka, soalnya biasanya aku pake JNE, dan Alhamdulillah kurir JNE selalu nemu rumahku.

WA tersebut aku terima sekitar jam setengah sepuluh pagi. Nggak lama kemudian kurirnya dateng.

Ini adalah penampakan paket yang aku tunggu-tunggu:


Akhirnya, buku yang pertamakali aku beli di situs grobmart adalah 'The Martian', setelah ber-drama setelah berbulan bulan, dari buku yang tidak ada lagi di gudang penerbit, proses refund, hingga deg-deg an saat nunggu paketnya datang, bener-bener drama wkwk.

Tapi intinya, aku puas berbelanja di grobmart karena:
1. Kalau ada pertanyaan mengenai seputar pesanan, kita tinggal langsung ngirim email aja ke CS nya, dan akan dijawab kira kira sehari kemudian.
2. Kotaku dapet subsidi ongkir, sehingga cuma bayar 3000 doang, yang biasanya aku harus bayar 25.000 :")
3. Dan yang bikin aku puas dan senang banget adalah, sekarang grobmart udah nyediain sistem COD untuk  kota ku. Jadi, kalau aku beli buku, aku tinggal bayar saat buku nya datang. Ini berguna banget, karena biasanya isi saldo atm ku itu lebih sering nggak ada hahaha. Mau nabung dulu ke bank, bank nya jauh :[

Btw, tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman dan cerita. Tidak bekerjasama dengan pihak manapun. Aku hanya ingin berbagi kesenangan saat berbelanja lewat situs grobmart.com dan menceritakan drama-drama kecil yang terjadi xD


UPDATE 16 Agustus 2019
Hallo! Aku kembali ingin mengupdate kabar terbaru seputar ongkir di Grobmart yang bikin aku seneng banget itu. Kemarin aku iseng check out di Grobmart.com, dan saat melihat bagian ongkos kirim, ternyata pilihan ongkir 3000 untuk daerah luar pulau jawa sudah tidak ada lagi. Sedih bangeeeet.


Hanya ada satu pilihan metode pengiriman. Dan untuk ongkir ke kotaku dikenakan Rp. 24.800. Ini memang jumlah ongkir yang biasa dikenakan kalau menggunakan ekspedisi pengiriman seperti JNE, J&T dan sebagainya. Agak kecewa sih, soalnya kalau ada diskon besar besaran gitu di Grobmart, kadang malah gedean ongkirnya daripada harga bukunya wkwk. Tapi yasudahlah ya, pihak Grobmart pasti punya alasan mengapa mereka meniadakan ongkir 3000 tersebut bagi area di luar pulau jawa. Tapi harapanku sih, semoga mereka kembali mengadakan metode pengiriman dengan biaya pengiriman 3000. Sesekali aja gapapa kok :")

6 komentar:

Yose Suparto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
nadhillahhehe mengatakan...

Wah terimakasih mba sudah sharing pengalamannya! Sukses terus mba

arrivazfr mengatakan...

maaf mba boleh nanya sistem kupon refund grobmart ini ga ya? soalnya pesanan saya juga sama kayak mba nasibnya.

Anonim mengatakan...

Makasih mba informatif bgt, aku juga pernah beli buku di grobmart, tapi masih ada rasa penasaran, menurut mba nih ya buku²nya asli kan mba? nggak bajakan soalnya suka ada banyak diskonnya..

Meilita Berlianti mengatakan...

Ka mau tanya buku yg kaka beli cover nya timbul ga ya? Saya beli cover nya ga timbul tuh ka kertas nya juga kyk jelek gt:) padahal mau buat kado

Ulfa Zulia mengatakan...

@nadhillahhehe : hallooo, makasih yaa^^
@arrivazfr: Haii, sudah dibalas di dm ig yaa *oke ini telat bgt balasnya*
@Anonim: Kalau menurutku insyaAllah original kak, karena mereka juga menuliskan di webnya '100% original', dan sampai sekarang belum pernah baca review yg bilang kalau buku-buku disitu bajakan...
@Meilita Berlianti: Kemarin aku coba lihat, apa karena udah aku sampul plastik jadinya nggak berasa timbul yaa covernya, tapi sepertinya timbul